Tujuan Utama Akuntansi Keuangan pada Setiap Laporan

0
16

Tujuan Utama Akuntansi Keuangan pada Setiap Laporan   –   Pada dasar nya tujuan akuntansi untuk mengumpulkan, dan melaporkan, sebuah informasi tentang keinerja, dalam sebuah posisi keuangan, atau yang bisa di sebut sebagai bendahara. Dan arus khas dari bisnis informasi , ini kemudian di gunakan untuk mencapai keputusan , tentang bagaimana mengelola bisnis , atau berinvestasi di dalam nya atau meminjamkan uang untuk itu .

Informasi ini terakumulasi dalam catatan akuntasi  dengan transaksi akuntasi , yang di catat baik melalui transaksi bisnis. standar seperti pelanggan faktor atau pemasok faktur, atau melalui transaksi lebih khusus, yang di kenal sebagai jurnal .

Tujuan Utama Akuntansi Keuangan pada Setiap Laporan

Laporan keuangan di rakit di bawah set aturan tertentu , yang di kenal sebagi standarisasi akuntasi keuangan , yang paling di kenal adalah generally accepted acunting principles(gaap).hasil yang di tunjukan dalam laporan keuangan  dapat berbeda – beda , tergantung pada kerangka yang di gunakan. Kerangka yang di gunakan sebuah bisnis, tergantung pada apa yang penerima laporan keuangan inginkan.

Daftar Pengurusan Keuangan

Dengan kata lain laporan keuangan ini atau akuntansi keuangan, dapat mengurus data data atau laporan, yang detail dalam berbisnis. Dengan demikian,inveksor Eropa mungkin ingin melihat laporan keuangan, berdasarkan IFRS sementara investor amerika , mungkin ingin melihat laporan yang sesuai dengan GAAP.

Akuntasi dapat menghasilakn laporan tambahan untuk tujuan khusus, seperti menentukan keuntungan, pada penjualan produk, atau pendapatan yang di hasilkan, baru wilayah penjualan tertentu. Ini  biasanya di anggap laporan, manajeral bukan laporan keuangan, yang di keluarkan untuk orang luar.

Informasi Keuangan

Untuk mengetahui nya tujuan akuntasi berpusat pada pengumpulan dan pelaporan berikut informasi keuangan.Kita belajar bahwa akuntasi adalah bahasa bisnis , sarana mengkomunikasikan informasi tentang entitas ekonomi untuk pengguna , yang berbeda untuk pengambilan keputusan.

Akuntasi memberikan informasi keungan tentang entitas, ekonomi kepada pengguna informasi terssebut. Entitas ekonomi adalah organisasi di identifikasi secara terpisan, yang membuat penguna sumber daya, untuk mencapai sarana dan tujuan .

Entitas ekonomi bisa saja badan usaha yang beroperasi, terutasa untuk menghsailkan keuntungan , atau badan non-profit melaksanankan operasi amal, dan tidak mencari keuntungan.Ini berarti bahwa “badab usaha atau organisasi bisnis” mengacu pada nirlaba jenis entitas ekonomi. beberapa penulis menggunakan ” badan usaha untuk merujuk baik, untuk kuntungan dan tidak organisani nirlaba .

Tujuan Utama Akuntansi Keuangan pada Setiap Laporan

Meskipun demikian, semua entitas ekonomi apakah bisnis , atau nonprofit menggandakan akuntasi, dalam pengolahan dan memberikan informasi keuangan. Meskipun demikian, semua antitas ekonomi , apakah bisani atau non prorit menggandalkan akuntasi, dalam pengolahan dan memberikan informasi keuangan.

Tujuan Dasar Akuntansi

Dari ilustrasi di sajikan , jelas bahwa tujuan utama akuntasi adalah untuk memberikan informasi, kepada penggunakan yang berbeda, Para pengguna memanfaatkan informasi dalam membuat keputusan ekonomi.

Dan kemudian, kita punya depinisi lain salah satunya adalah yang telah di gunakan, untuk waktu yang lama. Akuntsi adalah proses identifikasi , pengukuran dan mengkomunikasikan informasi ekonomi, untuk memungkinkan penilaian informasi, dan keputusan oleh pengguna informasi.

1. Informasi Akuntasi

Sebuah departemen akuntasI menyediakan jasa kuntasi , dan dukungan keuangan untuk organisai itu meski departemen mencatat hutang piutang, persediaan , penggajian , aktivas tetap dan semua elemen keuangan lainya .

2.Utang Usaha Dan Piutang

Rekening bagian terhutang pada bagian akuntansi, mencatat barang dan jasa, yang di terima dan pembayaran berhutang, seperti persediaan dari pemasok atau biaya lainnya .Depatremen mencatat setiap hutang sebagai kewajiban rekening, dan piutang sebagi aset aset seperti, kewajiban pendapat dan pelanggan membayar barang dan jasa.

3.Daftar Gaji

Fungsi gaji dari departemen akuntasi memasitikan bahwa,organisasi membayar karyawannya secara akurat,termasuk bonus . komisi dan tunjangan separtemen mentior waktu karyawan bolos , libur dan hari sakit .

Nah jadi kesimpulannya yaitu tujuan dari akuntasi, adalah memberikan informasi yang di perlukan melalui laporan keuangan, yang di buat . Karena itu setiap laporan memiliki aturan , dan kerangka yang berbeda sesuai dengan pengguan, informasi dan apa yang di laporkannya .semoga dapat bermanfaat sekian dan terimakasaih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here