Silsilah Tentang Guru Sekumpul

0
5
Silsilah Tentang Guru Sekumpul

Silsilah Tentang Guru

Sejarah singkat   –  Dia adalah seseorang yang di hormati, di yang bernama MUHAMAD ZAINI BIN ABDUL GHANI AL-BANJARI kalau orang bilang guru sekumpul. Guru sekumpul di lahirkan pada malam rabu,11 februari 1942(27 muharam 1361 hijriah).

Di desa dalam pagar, marta pura timur ,kabupaten banjar dari pasangan suami istri abdul ghani bin abdul manaf bin muhamad. Seman dengan hj  masliah binti H,mulia bin muhyidin .

Guru sekumpul merupakan keturunan ke 8 dari ulama besar bajar,yaitu maulana syekh muhamad arshad bin abdulah al bajar .

Adapun silsilahnya adalah muhamad zaini bin abdul ghani,bin abdul manaf ,bin muhamad,seman bin muhamad saad,bin abdullah binmufti muhamad khalid bin al-alim al-allamah al -khalifah hasanudin bin syaikh muhamad arsyad bin abdullah al banjari.

Semasa Kecil Guru Sekumpul

Silsilah Tentang Guru Sekumpul

Guru Sekumpul sewaktu kecil selalu berada di samping ayah, dan neneknya yang bernama Salbiyah. Mereka menanamkan kedisiplinan dalam pendidikan tauhid, dan akhlak serta belajar membaca Al-Qur’an.

Karena itulah, guru pertama dari Guru Sekumpul adalah ayah dan neneknya sendiri.

Semenjak kecil ia sudah digembleng orang tua untuk mengabdi kepada ilmu pengetahuan, dan ditanamkan perasaan cinta kasih dan hormat kepada para ulama.

Menururut riwayat , Guru Sekumpul sewaktu kecil sering menunggu al-Alim al-Fadhil Syaikh Zainal Ilmi, yang ingin ke Banjarmasin hanya semata-mata untuk bersalaman dan mencium tangannya .

 

 

Lingkungan Keluarga

Gemblengan ayah dan bimbingan intensif pamannya, semenjak kecil betul-betul tertanam.  Semenjak kecil ia sudah menunjukkan sifat mulia, penyabar ,ridha, pemurah, dan kasih sayang. Terhadap siapa saja, Kasih sayang yang ditanamkan dan juga ditunjukkan oleh ayahnya sendiri .

Seperti misalnya , suatu ketika hujan turun deras, sedangkan rumah Guru Sekumpul sekeluarga sudah sangat tua dan reot . Sehingga air hujan merembes masuk dari atap-atap rumah, Pada waktu itu , ayahnya menelungkupinya untuk melindungi tubuhnya, dari hujan dan rela membiarkan dirinya sendiri tersiram hujan.

Silsilah Tentang Guru Sekumpul

Abdul Ghani bin Abdul Manaf , ayah dari Guru Sekumpul juga adalah seorang pemuda yang saleh, dan sabar dalam menghadapi segala situasi, dan sangat kuat dengan menyembunyikan derita dan cobaan . Tidak pernah mengeluh kepada siapapun .

Cerita duka dan kesusahan sekaligus juga merupakan intisari kesabaran, dorongan untuk terus berusaha yang halal.  menjaga hak orang lain , jangan mubazir, bahkan sistem memenej usaha dagang, dia sampaikan kepada generasi sekarang lewat cerita-cerita itu.

Beberapa cerita yang diriwayatkan adalah sewaktu kecil mereka sekeluarga, yang terdiri dari empat orang hanya makan satu nasi bungkus dengan lauk satu biji telur.  dibagi empat, Tak pernah satu kalipun di antara mereka yang mengeluh.

Pada masa-masa itu juga, ayahnya membuka kedai minuman. Setiap kali ada sisa teh, ayahnya selalu meminta izin kepada pembeli untuk diberikan kepada Qusyairi , Sehingga kemudian sisa-sisa minuman itu dikumpulkan dan diberikan untuk keluarga .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here