inilah yang harus anda ketahui sebelum anda pergi ke tps

0
8

Bandung – Pemilu 2019 tinggal 1 hari lagi. Untuk para pemilih, bersiap- siap buat membagikan suaranya dalam Pemilihan Presiden( Pilpres) serta Pemilihan Anggota Legislatif( Pileg) pada hari pemungutan suara, 17 April 2019.

Tata Cara Sebelum Dan Sesudah Ke TPS

Gimana tata sistem memilah? Berikut langkah- langkah yang butuh dicoba saat sebelum mencoblos pesan suara, semacam di informasikan dalam kegiatan simulasi pencoblosan pesan suara Pemilu serentak 2019 di Lapangan Kantor Departemen Dalam Negara, Jalur Jakarta Pusat, Jumat( 22/ 3). Buat kamu yang baru mula- mula memilah di Pemilu 2019, berarti dicermati.

1. Tiba ke TPS, tunjukkan KTP serta pesan C6 ataupun Pesan A5

Bagaikan pemilih, kamu dapat masuk ke Tempat Pemungutan Suara( TPS) lewat arahan pintu masuk yang sudah disediakan. Petugas hendak membenarkan kalau di jari kamu belum terdapat tinta sama sekali.

Di posisi TPS, kamu wajib menyerahkan KTP, pesan C6 ataupun pesan A5, setelah itu petugas hendak mengecek informasi bukti diri serta membenarkan jika itu betul- betul kamu. Selanjutnya kamu hendak dipersilakan mengisi catatan absen, kemudian dimohon menunggu sampai panitia memanggil nama kamu serta membagikan kertas pesan suara.

2. Mencoblos kertas suara di dinding suara

Sehabis memperoleh pesan suara, kamu dipersilakan masuk ke dinding suara. Di tempat ini, silakan kamu mencoblos pendamping capres- cawapres serta anggota legislatif yang di idamkan di pesan suara yang telah dikasih.

Usai mencoblos, lipatlah pesan suara setimpal petunjuknya. Setelah itu masukan pesan suara itu ke kotak yang ada. Sehabis itu, jangan kurang ingat celupkan jari kamu ke tinta bagaikan ciri telah memilah.

3. Hal- hal yang wajib dicoba sepanjang di TPS

Sepanjang terletak di TPS terdapat tata tertibnya, ialah terdapat hal- hal yang boleh serta enggak boleh dicoba. Berikut hal- hal yang wajib dicoba:

1. Tiba ke TPS antara jam 07. 00–13. 00 waktu setempat

2. Bawa formulir model C6/ KTP/ Pesan Keterangan

3. Yakinkan enggak terdapat tinta fakta sudah memilah di jari- jari kalian

4. Cek pesan suara yang kamu terima, yakinkan belum tercoblos serta enggak rusak

5. Cuma diperbolehkan mencoblos dengan perlengkapan yang sudah disediakan

6. Celup jari kamu pada tinta yang disediakan oleh panitia

4. Hal- hal yang enggak boleh dicoba dikala terletak di TPS

Berikut hal- hal yang enggak boleh dicoba dikala terletak di TPS:

1. Enggak boleh menggunakan kostum ataupun atribut yang memiliki simbol- simbol pendamping capres- cawapres

2. Enggak boleh menyobek ataupun mengambil penggalan dari pesan suara

3. Enggak boleh bawa ponsel berkamera ataupun kamera ke dalam dinding suara

4. Enggak boleh mencoblos dengan rokok ataupun tidak hanya perlengkapan yang disediakan panitia

5. Enggak boleh mengintimidasi pemilih lain

6. Enggak boleh menolak buat celupkan jari ke tinta

 

5. 5 tipe pesan suara yang wajib dicoblos oleh pemilih

Di Pemilu 2019, terdapat 5 tipe pesan suara yang disediakan buat pemilih. Mula- mula, corak abu- abu buat pesan suara Pemilu Presiden serta Wakil Presiden. Ukurannya 22cm x 31cm serta tipe kertas yang dipakai HVS 80 gr. Ketentuannya wajib mencoblos satu kali pada no, nama, gambar pendamping calon, ataupun ciri foto partai politik pengusung dalam satu kotak di pesan suara.

Kedua, corak kuning pesan suara Pemilu buat memilah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat( DPR RI), dengan dimensi 51cm x 82cm serta tipe kertas yang dipakai HVS 80 gr. Ketentuannya mencoblos satu kali pada no ataupun ciri foto partai politik, serta ataupun nama calon anggota DPR.

Ketiga, corak merah pesan suara Pemilu buat memilah Anggota Dewan Perwakilan Wilayah( DPD RI). Syarat mencoblosnya satu kali pada no, nama, ataupun gambar calon buat Pemilu anggota DPD.

Keempat, corak biru pesan suara Pemilu buat memilah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Wilayah Provinsi( DPRD Provinsi) dengan dimensi 51cm x 82cm serta tipe kertas yang dipakai HVS 80 gr. Ketentuannya mencoblos satu kali pada no ataupun ciri foto partai politik, serta ataupun nama calon anggota DPRD Provinsi.

Kelima, corak hijau pesan suara Pemilu buat memilah Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Wilayah Kabupaten/ Kota( DPRD Kabupaten/ Kota), dengan dimensi 51cm x 82cm serta tipe kertas HVS 80 gr. Syarat mencoblosnya satu kali pada no ataupun ciri foto partai politik, maupun nama calon anggota DPRD Kabupaten/ Kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here